Cegah Stroke Dengan Brokoli


Banyak makan buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan banyak penyakit lainnya. Begitu juga halnya dengan brokoli, 1 khasiat lagi dari brokoli yang perlu anda ketahui adalah mencegah stroke.

Dalam studi besar pertama yang meneliti hubungan ini, tim ahli epidemiologi dari Harvad yang dipimpin oleh Kaummudi J.Joshipura, mengamati kebiasaan makan lebih dari 75.000 perempuan.

Para periset menemukan, setiap porsi harian buah dan syuran dapat mengurang insiden stroke ishemic sampai 7%. Secara garis besar, 4 di antara 5 stroke adalah ischemic, yang disebabkan oleh gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke otak.

Berarti perempuan yang menambahkan beberapa iris brokoli ke dalam makanannya dapat menurunkan resiko stroke sampai seperempatnya.

Sampai saat ini para ahli belum menemukan penjelasan kekuatan yang menghancurkan gumpalan darah ini. Para ahli menduga, diet tinggi hasil bumi mengurangi resiko stroke, karena jenis makanan ini cenderung rendah lemak dan kaya dengan bahan bahan yang besahabat dengan jantung, sepeti serat, folate, dan potassium. Tapi, nutrien-nutrien ini juga mempunyai keterbatasan.

Joshipura menekankan, tidak semua sayuran berkhasiat sama. Kentang dan polong-polongan misalnya, tidak memiliki penurunan resiko yang terukur. Orang-orang yang memiliki resiko terendah ternyata lebih banyak mengkonsumsi sayuran crucifer seperti brokoli, kol, dan kembang kol, ditambah sayuran berdaun hijau dan buah-buah jeruk.

Tinggalkan komentar

Filed under Brokoli, Health info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s